Menu Melayang

Saturday, July 28, 2012

TV Tidak ada Gambar Tapi Suara Normal




 

Tadi saya kedatangan pasien TV bermerek Advance, kemudian langsung saya tanyakan kepada pemiliknya tentang keluhan yang dialami si pasien, ternyata keluhannya adalah tidak ada gambar tapi suara normal, terus saya coba hidupin dan ternyata memang betul, layarnya gelap gulita tidak ada cahaya sedikitpun, dan langsung saya buka penutup belakangnya kemudian saya nyalakan lagi untuk memeriksa tegangan CRTnya, setelah saya amati ternyata Heaternya tidak menyala dan saya ukur tegangannya pake avometer ternyata tidak ada tegangan sedikit pun, lalu saya matikan tv tersebut dan langsung memulai petualangan pencarian biang keroknya, filing saya langsung tertuju pada resistor heater, tapi ternyata setelah saya cek ternyata baik-baik saja, kemudian saya lanjutkan dengan penyolderan ulang di bagian-bagian yang kelihatan retak, lalu saya coba hidupkan lagi........ dan ternyata............... ga ada perubahan sedikit pun.
langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah mengamati wujud fisik komponen, terutama elko dan resistor di sekitar tegangan tinggi dan kelihatannya masih sehat bugar semua,  kemudian saya nyalakan kembali tanpa tehubung ke CRT untuk mengecek tegangan B+ nya, tapi apa yang terjadi sodara-sodara... saya melihat ada kepulan asap tipis dari salah satu elco B+ (220/160V), wah.... ini dia biang keladinya, langsung saja saya cabut jeknya dari stop kontak dan langsung saja saya lepas tuh elco, wah... pantesan.... elcone dengklang, sikile mung siji thok. (makanya jangan menilai sesuatu dari luarnya saja, yang penampilanya bagus belum tentu dalam nya bagus). 

Tanpa pikir panjang lagi langsung saya ganti elco tersebut, dan setelah selese langsung saya tes ternyata ... MAK NYooos... TV nyala dan gambarnya normal kembali, Plong banget rasane.... Terima kasih Yaa Allah... 
Setelah di Tes beberapa saat tidak ada gangguan lagi, langsung saya rapihkan kembali TV tersebut

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel